Aku Dan Yuyun Aku Dan Dia Aku Dan Teman Smk Aku Dan Temanku AkuSahabatku

Friday, June 7, 2013

Mengungkap Sejarah Agama Islam Dari Perburuan Al Qur’an Tua

13653268151953745254


Sebuah Qur’an tua berketebalan 554 halaman ditemukan terbungkus kardus di kolong rumah salah seorang warga masyarakat Kampung Suju’, Dusun Lembang Mate’ne, Desa Jambuiya, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.
 
Qur’an tua yang ditemukan di rumah warga bernama Demmasinna ini diterbitkan di Padang, pada tanggal, 21 Rabiul Awal tahun 135 silam  bertepatan dengan tanggal 21 Mei 1938.


Dari sisi penulisannya, Al Qur’an karya Muhammad Junu ini tampak berbeda dengan Al Qur’an pada umumnya. Dimana, ayat-ayatnya ditulis di dalam kotak kecil dan dilengkapi oleh terjemahan serta keterangan ayat yang masih menggunakan bahasa Indonesia ejaan lama. 

Selain sudah tak bersampul, sebahagian  halaman Qur’an ditemukan dalam kondisi memprihatinkan dan sobek. Bahkan warna kertasnya pun mulai kusam termakan usia. Sayang sekali, karena tak banyak cerita yang bisa dirangkum terkait dengan identitas pemilik pertama kitab suci kebanggaan ummat Islam di rumah Demmasinna itu. 

Saat pertama kali diperlihatkan oleh sang pemilik rumah, Al Qur’an yang dibungkus lembaran surat kabar dan kemasan kardus ini sudah nampak lusuh.  Selain Al Qur’an, di lokasi yang sama ditemukan pula, selembar seruan dari Majelis Jundullah yang direkatkan pada bagian dinding rumah.
Seruan yang ditandatangani oleh KH. H. Syamsul Abdul Madjid ini berisi himbauan kepada saudara mukmin sebangsa dan se tanah air, untuk menegakkan agama Allah.

Penemuan Al Qur’an dan lembaran seruan Majelis Jundullah di Dusun Lembang Mate’ne ini kembali memperkuat fakta sejarah tentang eksistensi keberadaan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai salah satu daerah yang memiliki peran strategis dalam penyeberluasan ajaran syariat Agama Islam di Bumi Pertiwi

No comments:

Post a Comment