Aku Dan Yuyun Aku Dan Dia Aku Dan Teman Smk Aku Dan Temanku AkuSahabatku

Saturday, June 1, 2013

Islam Sebagai Agama Terakhir

Islam Sebagai Agama Terakhir

A. Pengertian Agama Islam
- Sa li ma berarti kesejahtera, aman, tentram.
إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ
“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)
- Sa la ma berarti keselamatan, kedamaian
- ‘As la ma berarti tunduk, patuh, menyerahkan diri
“Bahkan barang siapa aslama (berserah diri) kepada Allah sedang ia berbuat kebaikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula bersedih hati” (QS. Al-Baqarah : 103).
B. RUANG LINGKUP AGAMA ISLAM
- Aqidah - iman yang berarti kepercayaan atau keyakinan
- Syariah – hukum islam
- Akhlak – ihsan yang berarti kesempurnaan
Aqidah, syariah dan akhlak pada dasarnya merupakan satu kesatuan dalam ajaran islam. Ketiga unsur tersebut dapat dibedakan tetapi tidak bisa dipisahkan. Aqidah sebagai system kepercayaan yg bermuatan elemen-elemen dasar keyakinan, menggambarkan sumber dan hakikat keberadaan agama. Sementara syariah sebagai system nilai berisi peraturan yang menggambarkan fungsi agama. Sedangkan akhlak sebagai sistematika menggambarkan arah dan tujuan yg hendak dicapai agama.
Muslim yg baik adalah orang yg memiliki aqidah yg lurus dan kuat yg
mendorongnya untuk melaksanakan syariah yg hanya ditujukan pada Allah sehingga tergambar akhlak yg terpuji pada dirinya.
Atas dasar hubungan itu, maka seseorang yg melakukan suatu perbuatan baik, tetapi tidak dilandasi oleh aqidah atau keimanan, maka orang itu termasuk ke dalam kategori kafir. Seseorang yg mengaku beraqidah atau beriman, tetapi tidak mau melaksanakan syariah, maka orang itu disebut fasik. Sedangkan orang yg mengaku beriman dan melaksanakan syariah tetapi dengan landasan aqidah yg tidak lurus disebut munafik.
C. KARAKTERISTIK MANUSIA
- Sesuai Fitrah. Islam adalah agama yang terbaik dan yang paling sempurna untuk sekalian umat manusia. Ini adalah kerana Islam itu datangnya dari Allah, manakala agama-agama lain semuanya bikinan manusia semata-mata. Kerana itu Islam adalah satu agama yang lengkap dan sesuai dengan fitrah semula jadi manusia. Sedangkan agama lain banyak kurangnya serta banyak bertentangan denan kemahuan fitrah manusia.
- Ajarannya bersifat rasional dalam pengertian seluruh ajarannya tidak mungkin bertentangan dengan akal sehat,juga meletakan akal sebagai alat untuk kebenaran ayat-ayat Allah SWT
- Secara Universal. Islam adalah agama universal dan salah satu agama – bukan satu-satunya agama – yang dianut oleh banyak umat manusia penghuni jagat raya. Ia membimbing pemeluknya, bukan hanya untuk memperoleh kenikmatan akhirat saja, melainkan juga mengatur perilaku hidup di dunia demi meraih kenikmatan di akhirat

No comments:

Post a Comment