Aku Dan Yuyun Aku Dan Dia Aku Dan Teman Smk Aku Dan Temanku AkuSahabatku

Saturday, June 1, 2013

cap cay

Catatan..

Ini dia hidangan sop favorite keluarga kami. Dimakan saat udara dingin hhmmmm... sedap. Rasanya yang gurih dengan sentuhan aroma jahe sungguh menggugah selera. Ngomong2 kalau dibaca dari namanya resep ini terdengar seperti masakan Cina. Tapi kalau anda berada di negeri Cina dan menanyakan hidangan ini di restaurant manapun, ditanggung nggak bakalan ada yang tahu. Ajaib khan??!! he he :-) Konon resep ini merupakan kreasi dari etnis keturunan Cina yang berimigrasi ke Indonesia ratusan tahun lalu. Kapan dan siapa tepatnya nggak ada yang tahu.

Yang jelas resep ini sangat populer paling nggak di Pulau Jawa dan Sumatra. Saya sendiri kenal resep ini sambil lihat bikinnya waktu dibikinin sama Cahyanti, rekan kerja sekaligus teman serumah waktu masih nyangkul di salah satu MNC di Batam, sekitar 10 tahun lalu. Habis itu saya langsung ngefans berat. Bikinnya cepat, rasanya nikmat!!! Last but not least thx and credit goes to Cahyanti yang sudah memperkenalkan resep ini.

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1 sdm margarin dalam wajan cekung, tumis bumbu cincang sampai berbau harum.
  2. Masukkan ayam, tumis sambil diaduk-aduk hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan air panas, garam, gula, merica bubuk dan kaldu bubuk.
  4. Masak dengan api sedang sampai air mendidih.
  5. Masukkan wortel, kacang kapri dan bunga kol. Masak sampai sayuran matang.
  6. Berikutnya masukkan irisan daun bawang. Masak sebentar hingga daun bawang layu.
  7. Cicipi, jika perlu tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  8. Terakhir masukkan larutan tepung maizena, aduk hingga kuah agak mengental. Angkat dari api.
  9. Hidangkan panas dengan taburan bawang merah goreng.

Catatan:

  1. Jika suka ayam bisa anda ganti dengan sosis, bakso, cumi atau udang atau campur2. Sayuran juga bisa anda variasi sesuai selera.

No comments:

Post a Comment