Aku Dan Yuyun Aku Dan Dia Aku Dan Teman Smk Aku Dan Temanku AkuSahabatku

Wednesday, June 5, 2013

Manfaat Membaca Al Qur’an Penyentuh Iman

Hikmah membaca quran yang penuh manfaat sungguh tanpa batas. Al qur’an sebagai kalam ilahi diturunkan ke bumi untuk menjadi pedoman hidup umat manusia dalam menggapai kebahagiaan sejati. Sebagai wahyu yang diturunkan kepda Nabi Muhammad saw, al qur’an menjadi petunjuk paling akurat yang akan membimbing umat manusia agar jalan hidupnya tidak tersesat.
Berjuta ilmu ada di dalam al qur’an, bahkan Alloh selalu menantang umat manusia untuk menggali rahasia rahasia yang belum diungkap oleh umat masa lalu. Sedemikian agungnya Al qur’an itu hingga kalau kita membaca saja sudah dihitung sebagai amal ibadah.

Dari sekian banyak manfaat al qur’an maka pada tulisan kali ini saya hanya akan menyampaikan sebagian saja, nantinya para pembaca bisa bertanya langsung kepada para kyai, ustadz maupun ustadzah yang lebih ahli mengenai manfaat membaca al qur’an.
Dan inilah sekilas hikmah yang akan kita peroleh ketika rutin membaca al qur’an :
1. Membaca al qur’an bisa menghilangkan kegelisahan dan kesedihan.
Saya pun sudah merasakan manfaat yang seperti ini, ketika hati terasa gelap, kecewa, dan merasa tak berarti, coba segera ambil air wudlu, lalu bacalah al qur’an selama mungkin. Maka hati kita akan kembali tenang, pikiran terkendali, dan jiwa terasa lapang. Tapi jangan cuma ketika sedih saja membaca al qur’an-nya, kalau kita bisa main FB dan twitteran berjam jam, mengapa untuk baca qur’an gak bisa?
2. Membaca qur’an akan menjadikan kita dirindukan oleh syurga, orang yang gemar membaca al qur’an sesuai dengan makhrojnya maka mereka sangat dirindukan oleh syurga.
Bagi kita yang belum bisa membaca maka wajib belajar walau umur terbilang sudah tua. Tak ada alasan gengsi atau malu, karena untuk belajar hal hal yang lain umumnya manusia juga tak malu, mengapa mesti malu karena tak bisa membaca al qur’an? Bisa dan tidaknya itu urusan nanti, karena yang diwajibkan adalah belajar ilmu al qur’an.
3. Manfaat membaca al qur’an juga pernah diterangkan oleh ulama khos, beliau mengatakan kalau bacaan al qur’an bisa melindungi manusia dari api neraka.
Ketika ada hamba Alloh swt dimasukkan ke neraka lalu dari mulutnya keluar bacaan Al qur’an maka dengan segala kebesaran Alloh akan membebaskan hamba itu dari api neraka. Bacaan al qur’an akan menjadi dinding terkuat yang tak bisa disentuh oleh panasnya api neraka.
4. Hikmah lain dari membaca al qur’an adalah membuat hati kita makin lembut, tidak kosong, dan terjaga dari hal hal yang merugikan diri sendiri.
Wallohu a’lam

No comments:

Post a Comment