Aku Dan Yuyun Aku Dan Dia Aku Dan Teman Smk Aku Dan Temanku AkuSahabatku

Saturday, June 1, 2013

ayam goreng mentega

Tips!!

Jika memungkinkan pakailah ayam kampung. Meski ukurannya kecil rasanya lebih gurih. Tapi kalau susah didapat seperti di tempat tinggal saya sekarang ya silakan pakai ayam yang ada. Sayap ayam ras biasanya lebih gemuk, jadi sebaiknya ayam digoreng lebih lama supaya dalamnya benar2 matang. Ciri khas ayam goreng mentega adalah pemakaian 3 saus : kecap asin, kecap manis dan kecap inggris. Bagi anda yang susah mendapatkan kecap inggris ( Catatan : Bagi yang tinggal di Indonesia khususnya di daerah pedesaan seperti kampung halaman saya he he, kecap inggris termasuk barang langka dan susah didapat.) Solusinya silakan ganti dengan saus tiram. Dijamin rasanya juga tetap enak dan lebih pas untuk cita rasa lidah Indonesia.

Cara Membuat:

  1. Cuci ayam, lumuri dengan garam, merica dan air jeruk nipis. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.
  2. Goreng ayam dalam minyak panas sampai matang. Sisihkan.
  3. Panaskan mentega, tumis irisan bawang putih dan jahe sampai berbau harum.
  4. Berturut-turut masukan kecap manis, kecap asin, kecap inggris dan merica. Aduk rata.
  5. Masukan sayap ayam goreng sambil diaduk-aduk biarkan bumbu meresap.
  6. Masukan bawang bombay, masak sampai layu.
  7. Kemudian masukan irisan daun bawang
  8. Beri perasan sisa jeruk nipis. Aduk rata.
  9. Sajikan dengan nasi selagi masih panas.

No comments:

Post a Comment